• Icon Home White
  • Contact
  • Privacy Policy
  • About

Contoh Pidato Bahasa Indonesia HIV/AIDS



Assalamualaikum wr.wb.
Yang Terhormat Ibu Hj. Tri Rukmini S.Pd selaku kepala SMP Negeri 1 Godean
Yang Kami hormati, bapak ibu guru, karyawan dan karyawati SMP N 1 Godean
Serta teman-teman dari kelas 7-9 yang saya cintai dan berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang MahaEsa yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga di pagi yang cerah ini kita dapat melaksanakan upacara peringatan hari AIDS se-dunia dengan keadaan sehat wal’afiat tanpa ada halangan suatu apapun. InsyaAllah.
Perkenankan saya disini akan menyampaikan sedikit informasi mengenai HIV/AIDS. AIDS atau istilah lainnya Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah kumpulan gejala-gejala penyakit atau Sidrom yang disebabkan oleh Virus HIV atau Human ImmunoDeficiencyVirus yang menyerang kekebalan tubuh sang penderitanya. Jadi, jika seseorang terkena virus HIV belum tentu mengidap AIDS, tapi jika seseorang telah mengidap AIDS pasti sudah terserang virus HIV. Begitu ganasnya AIDS ini hingga Badan Kesehatan Dunia/WHO merasa perlu menetapkan 1 hari dalam setiap tahunnya, tepatnya tanggal 1 Desember sebagai hari AIDS sedunia. Awal pertama kali ditemukan virus HIV ini di sebuah negara kecil di Benua Afrika dan hingga pada saat ini kita dapat menemukan para penderita HIV/AIDS di seluruh dunia sehingga WHO telah menetapkannya sebagai bahaya Pandemi atau “mendunia”.
Penyakit HIV atau AIDS biasanya ditularkan melalui :
1.      Penggunaan jarum, akupuntur, tato, dan alat tindik yang sudah di pakai orang yang mengidap virus AIDS,
2.      Hubungan pranatal, yaitu pemindahan virus dari ibu hamil yang mengidap virus AIDS kepada janin yang dikandungnya,
3.      Seks Bebas,
4.      dan Transfusi darah yang sudah terkontaminasi oleh Virus HIV/AIDS.

Hadirin yang saya hormati,
Jika seseorang sudah terkena penyakit ini, biasanya tubuhnya menjadi sangat lemah. Kekebalan tubuhnya menjadi menurun drastis, sehingga mudah terserang penyakit-penyakit dan sukar disembuhkan karena sampai saat ini obat untuk menyembuhkan HIV/AIDS belum juga diketemukan. Untuk itu, kita harus bisa menghindari penyakit mematikan tadi dan jangan sampai kita terkena virus HIV. Disini saya akan memberikan cara untuk menghindarkan diri dari HIV, yaitu :
  1. Hendaknya kita selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berusaha menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa menyebabkan AIDS.
  2. Jangan melakukan hubungan seksual diluar nikah (berzinah),
  3. Apabila  berobat dengan menggunakan alat suntik, pastikan dulu apakah alat  suntik itu steril atau tidak.
  4. Apabila melakukan tranfusi darah, terlebih  dahulu periksakan apakah tranfusi darah itu bebas dari virus HIV.
  5. Bagi para generasi muda khususnya para pelajar seperti kita ini, jauhilah obat-obatan terlarang terutama narkotika melalui alat suntik, alat tato, tindik, dan semacamnya yang bisa saja menularkan AIDS dan hindarkan diri dari pergaulan bebas yang bersifat negatif.
  6. Apabila ada seminar, penyuluhan, dan iklan  yang menginformasikan tentang AIDS, sebaiknya kita perhatikan, agar segala sesuatu tentang AIDS dapat diketahui, sehingga kita bisa menghindarkan diri sejak dini dari bahaya AIDS.
            Apabila minimal 6cara-cara dari saya tadi bisa dilaksanakan, InsyaAllah kita akan terhindar dari bahaya maupun dampak dari penyakit HIV ataupun AIDS.
Demikian Pidato saya mengenai bahaya penyakit HIV/AIDS. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Jika ada kurang dan lebihnya saya minta maaf.
Wabilahitaufik wal hidayah. Wassalamualaikum wr.wb

FeedLangganan Artikel Terbaru kami via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Share This Article
Your Comment :

1 Comment:

mau pasang banner iklan....

http://www.blog-urang-awak.com/2014/06/pasang-banner-iklan-fastramediacom.html

terimakasih atas kerja samanya

Categories

Pengetahuan Umum (38) Software (14) Tips (14) game (12) WE9 (8) English Fun (5) Jawa (4) Antivirus (2) Lirik (2) Agama Islam (1)

Statistic


Check PageRank

Followers