• Icon Home White
  • Contact
  • Privacy Policy
  • About

Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)


SIMBIOSIS
Simbiosis berasal dari bahasa Yunani sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion. Simbiosis terbagi lagi menjadi beberapa kriteria diantaranya adalah simbiosis parasitisme, simbiosis mutualisme, sibiosis komensalisme, simbiosis amensalisme, simbiosis kompetisi, dan simbiosis netralisme.
 
Simbiosis parasitisme adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya. Contohnya adalah tanaman benalu dengan inangnya, tali putri dengan inangnya, cacing perut dan cacing tambang yang hidup di dalam usus manusia, serta bunga raflesia dengan inangnya.

Simbiosis mutualisme adalah hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. Contohnya adalah bunga sepatu dan lebah, burung jalak dan kerbau, jenis jamur tertentu dan jenis alga tertentu membentuk likenes, bunga dengan kupu-kupu, serta protozoa mixotricha paradoxa dengan rayap mastotermes darwiniensis.

Simbiosis komensalisme adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. Contohnya adalah ikan badut dengan anemon laut, ikan remora dan ikan hiu, serta anggrek dengan pohon mangga.

Simbiosis amensalisme, yaitu saat satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak  diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya adalah jamur penisilin dengan sarcoptes.

Simbiosis kompetisi, di mana kedua pihak saling merugikan, biasanya terjadi melalui kompetisi dalam memperebutkan makanan.


Simbiosis Netralisme adalah hubungan dimana baik pihak satu dengan pihak lainnya tidak saling diuntungkan maupun dirugikan. Interaksi antar kedua spesies tidak menyebabkan keuntungan maupun kerugian bagi keduanya.

FeedLangganan Artikel Terbaru kami via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Share This Article
Your Comment :

Categories

Pengetahuan Umum (38) Software (14) Tips (14) game (12) WE9 (8) English Fun (5) Jawa (4) Antivirus (2) Lirik (2) Agama Islam (1)

Statistic


Check PageRank

Followers